Minggu, 21 Agustus 2011

Dasar-dasar mekanika.

Mekanika adalah pelajaran pertama kalau mengingat fisika setelah kita diberi dasar seperti satuan. mekanika sendiri artinya ilmu yang mempelajari fungsi dalam pelaksanaan suatu mesin, namun dapat sebuah benda. Kali ini, yang ingin saya sedikit uraikan adalah dasar-dasar mekanika Newton. Kenapa mesti ini? karena dari SMP dan SMA, kita selalu mengawali mekanika dari hukum-hukum Newton.

  1. Hukum 1 Newton. Hukum 1 newton berbunyi "setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut". Berarti jika resultan gayanya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan). Artinya suatu benda akan tetap diam jika tidak ada gaya yang mengenainya, sama halnya jika suatu benda bergerak dengan kecepatan konstan, kecepatannya tetap konstan selagi tidak ada gaya yang resultannya tidak nol mengenainya.
  2. Hukum 2 Newton. "sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma. Bisa juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu.
  3. Hukum 3 Newton "Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris". Kita andaikan saat kita mendorong tembok, Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalah reaksinya.

Nah, mungkin cukup sekian postingan saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar